Kipas Angin Tidak Kuat Berputar Atau Kipas Angin Berputar Lambat

Kipas Angin Tidak Kuat Berputar Atau Kipas Angin Berputar Lambat | Kipas angin tidak kuat berputar ialah salah satu permasalahan yang kerap timbul akibat adanya kerusakan pada kipas angin. Penyebabnya bisa karena beberapa hal.

Kipas Angin Tidak Kuat Berputar Atau Kipas Angin Berputar Lambat


Rusaknya kipas angin akan membuat kita terganggu karena mungkin bagi kita kipas angin adalah selaku alat utama yang berguna dalam menyejukkan ruangan serta opsi alternatif Air Conditioner. Dalam penggunaannya, mesin yang bergerak dengan tenaga dinamo dan enerji listrik ini bisa alami bermacam permasalahan kerusakan. Salah satunya yakni kipas angin tidak kuat berputar atau berputar sangat pelan sekali.


Penyebab Kipas Angin Tidak Kuat Berputar serta Cara Memperbaikinya

Kipas angin yang tidak kuat berputar atau berputar pelan sekali mungkin akibat dari kerusakan dua komponen di bawah ini :


Kapasitor Mulai Rusak

Penyebab utama kipas angin yang tidak kuat berputar atau berputar lambat adalah karena kapasitor yang mulai rusak ataupun melemah. Kipas angin menjadi seolah tidak kuat berputar atau perputarannya melambat karena perubahan nilai kapasitor akibat umur penggunaannya sudah terlalu lama.

Kapasitor yang mulai rusak biasanya menjadi gendut atau seperti hamil namun tak semua kapasitor yang mulai rusak berubah bentuk. Ada beberapa kapasitor yang bahkan dalam bentuk terbaiknya namun setelah di ukur dengan multitester ternyata sudah rusak atau tidak ada nilai sama sekali. Kerusakan kipas angin tak kuat berputar ini akan terus berlanjut hingga kamu mengganti kapasitornya dengan kapasitor yang baru.

Jika kamu menemukan bahwa kipas angin kamu tidak kuat berputar maka langkah pertama yang harus kamu ambil adalah melakukan penggantian kapasitor. Untuk cara penggantiannya bisa kamu baca dalam artikel saya di sini.

 

As Rotor yang Telah Aus ataupun Kotor

Penyebab selanjutnya kapasitor kipas tak kuat berputar adalah as rotor. As rotor merupakan bagian yang terletak di depan dinamo serta berperan buat memutar baling- baling kipas angin.Bila di gunakan dalam waktu lama maka kotoran dan debu bakal bertumpuk yang bisa menyebabkan putaran kibas melambat atau kipas seolah tidak kuat berputar.

Buat mengatasinya, cobalah melakukan perawatan serta pembersihan terhadap bagian dalam kipas angin tepatnya pada dinamo serta as rotor yang penuh debu. Tidak hanya sebab kotor, kipas pula kan jadi macet bila as tersebut kering ataupun kurang pelumas.

Oleh karena itu, Kamu butuh mengecek keadaan as rotor serta memberinya pelumas bila as rotor tersebut terlihat kering. Berbeda permasalahannya bila nyatanya as rotor memanglah rusak sebab komponen sudah tua. Umumnya as rotor yang telah tua dan sering di pakai akan menyebabkan as rotor menjadi aus atau rusak. Jika rotor rusak maka cobalah melakukan penggantian dengan as rotor yang baru.

Setelah membaca tutorial di atas maka bisa di pastikan bahwa kipas angin yang tadinya tidak kuat berputar akan kembali berputar normal dan cepat. Namun jika ternyata kamu gagal memperbaikinya dan menyebabkan kipas malah mati total maka sebaiknya segera temukan teknisi terdekat untuk memperbaikinya. Demikiar artikel kipas angin tidak kuat berputar atau kipas berputar lambat, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url