Rangkaian Kabel Kipas Angin Cosmos

Rangkaian Kabel Kipas Angin Cosmos | Mendeteksi kerusakan kipas angin bisa dilakukan dengan mengcheck kabel serta kapasitor. Lapisan kabel pada motor kipas angin terdiri atas berbagai macam warna kabel. Mulai dari Biru, Merah, Putih, Hitam dan sebagainya tergantung jenis kipas dan pengaturan kecepatan kipas angin.

Rangkaian Kabel Kipas Angin Cosmos

Kipas angin cosmos merupakan salah satu merek kipas angin yang banyak di minati dan banyak di pakai di Indonesia. Termasuk saya sendiri menggunakan merk kipas ini. Bukan tanpa sebab kipas ini digemari. Hal ini di karenakan kipas ini tergolong salah satu jenis kipas angin yang lumayan hemat energi dan tahan lama.

Selain itu kipas ini adalah buatan anak bangsa loh. Cosmos merupakan alat elektronik konsumen asal Indonesia yang berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, dengan nama PT Star Cosmos. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 17 September 1976 oleh Ir. Alam Surjaputra. Cosmos memperoleh penghargaan Top Brand pada tahun 2012.

Kipas ini memiliki banyak jenis mulai dari kipas mini, kipas meja, kipas ruangan, kipas gantung dan lainnya. Selain kipas angin, cosmos juga memproduksi berbagai alat elektronik lainnya seperti rice cooker, blender, air conditioner dan lain sebagainya.

Oke tanpa basa basi lagi mari kita langsung ke topik utama yakni skema rangkaian kabel kipas cosmos. Berikut skema rangkaian kabel kipas angin cosmos simpel dengan 3 kecepatan ataupun 3 tombol speed.

Rangkaian Kabel Kipas Angin Cosmos

 

Berikut penjelasan mengenai gambar skema rangkaian kabel kipas angin cosmos di atas :

  • Kabel Hitam adalah kabel untuk power on dan off yang berfungi mengalirkan arus dari sumber listrik menuju dinamo.

  • Kabel Merah adalah kabel pengaturan tombol kecepatan no. 3. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan maksimal putaran kipas angin dan terhubung langsung ke dinamo dari tombol speed no 3.

  • Kabel Putih Putih kabel untuk pengaturan tombol kecepatan no. 2. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan no 2 putaran kipas angin dan terhubung langsung ke dinamo dari tombol speed no 2. Namun kipas dengan 2 speed tidak memiliki kabel ini.

  • Kabel Biru untuk pengaturan tombol speed nomor 1. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan no 1 putaran kipas angin dan terhubung langsung ke dinamo dari tombol speed no.1.

  • Kabel oren dan biru muda yang merupakan kabel dari stop kontak biasanya berwarna hitam. Warna gambar di atas agak sedikit salah.
 
Agar kita bisa mencari tahu sumber kerusakan pada kipas angin, kita mestilah memiliki skema elektronik dan ilmu yang berkaitan dengan benda elektronik yang akan kita perbaiki. Demikian artikel Rangkaian Kabel Kipas Angin Cosmos. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url