Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 6 Kabel

Skema Kapasitor Kipas Angin | Apakah kamu lagi mencari cara pasang kapasitor kipas angin 6 kabel, bila iya?  Kalian menemukan artikel yang tepat. Sebab pada postingan kali ini kami hendak membagikan cara pasang kapasitor kipas angin 6 kabel.

cara pasang kapasitor kipas angin 6 kabel

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 6 Kabel

Kapasitor ialah salah satu bagian komponen dari kipas angin yang mana kerap kali alami kerusakan. Jika komponen kapasitor ini mengalami sebuah kerusakan maka kita wajib menukarnya ke kapasitor yang baru atau kapasitor second hand yang masih bagus. Oleh karna itu, di sini saya berkesempatan intuk membagikan cara pasang kapasitor kipas angin 6 kabel.

 

Tanda Kerusakan Pada Kapasitor Kipas Angin

Untuk memastikan bahwa komponen kapasitor kipas angin 6 kabellah yang mungkin mengalami kerusakan, kamu bisa mengetahuinya dengan hanya melihat beberapa pertanda berikut ini :

  • Kipas angin cuma bunyi bersuara dan tidak ada gerakan sama sekali pada saat dihidupkan.

  • Baling kipas mestilah dibantu dengan tangan barulah ia bisa mutar.

  • Kipas angin tak ada tanda hidup sama sekali alias mati total.

 

Cara Memeriksa Kapasitor Kipas Angin

Bila mesin kipas angin alami tanda- tanda semacam di atas, guna menentukan sumber penyebab rusaknya, periksalah kapasitor kipas angin dengan multitester dengan mengikuti beberapa cara berikut ini  :

  1. Atur penanda multitester ke satuan ukuran ohm X1K.

  2. Tempelkan kabel multitester di sisi-sisi kedua kaki kapasitor ( bisa bebas bolak balik antar 2 sisi)

  3. Bila jarum multitester bergerak ke kanan serta kembali ke 0 lagi, berarti pertanda kapasitor masih bagus. Namun bila tidak bergerak sama sekali ataupun bergerak ke kanan serta tidak kembali lagi, berarti kapasitor rusak.


Sehabis diukur pastikanlah bahwa kapasitor kipas anginlah memanglah alami rusak, gantilah kapasitor tersebut dengan ukuran volt sama. Dapat pula mengubah kapasitor dengan ukuran volt yang berbeda. Tetapi, hendak berakibat pada mesin kipas angin.

Bila mengubah kapasitor ke volt yang yang lebih besar, putaran kipas akan menjadi lebih kencang tetapi dinamo bisa sangat cepat panas atau rusak. Sebaliknya bila mengubah kapasitor ke volt yang lebih rendah bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas maupun kapasitor bisa meledak.

Jadi di sarankan gunakan kapasitor dengan volt sama atau yang lebih tinggi. Untuk harga kapasitor kipas angin sendiri biasanya hanya harga 10 ribuan.


Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Untuk mengganti kapasitor kipas angin kita bisa bebas memasangnya bebas di pasang bolak-balik tanpa takut kapasitor akan meledak dan tidak perlu menggunakan skema kapasitor kipas angin sama sekali.

Sebelum melakukan pergantian kapasitor kipas, sepatutnya bagi kita menyediakan alat tukan semacam obeng, gunting kabel, serta isolatip. Untuk memasangnya  silahkan ikuti langkah pemasangan kapasitor kipas angin yang ada di bawah ini :

  1. Buka kesing mesin kipas angin, pakai obeng melepas sekrupnya.

  2. Potong kabel yang tersambung pada kedua kaki kapasitor serta ambil kapasitornya untuk di buang.

  3. Pasang dengan kapasitor baru atau kapasitor bekas yang masih bagus dengan menghubungkan ke kabel yang sudah dipotong.

  4. Pemasangan kabelnya bebas (  terserah mau ke kaki mana saja selama satu kabel di pasang ke satu kabel juga ).

  5. Bungkus bekas sambungan kabel agar aman dengan memakai  isolatip.

  6. Pasang kembali kesing mesin kipas serta kencangkan sekrupnya.

  7. Cobalah menghidupkan kipas angin. Bila pemasangannya benar, kipas angin akan kembali hidup dan berputar kencang


Demikian artikel cara pasang kapasitor kipas angin 6 kabel. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah ilmu dalam memperbaiki kerusakan pada kipas angin terutama untuk jenis kerusakan kapasitor.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url