Warna Kabel Kipas Angin Maspion 6 Kabel, Berikut Ini Penjelasannya

Warna Kabel Kipas Angin Maspion 6 Kabel | Kipas angin maspion merupakan merk kipas angin yang umumnya di pakai orang indonesia. Tak hanya itu kipas angin yang satu ini juga banyak di jual di pasaran. Harga yang murah dan kualitas yang baik membuat kipas angin yang satu ini memiliki banyak penggemar di indonesia. Namun bagaimana jika kipas maspion milik kita rusak, terutama kipas angin maspion dengan 6 kabel.

Warna Kabel Kipas Angin Maspion 6 Kabel

 

Tentu sebagai pemilik kita akan berpikir membawanya ke teknisi kipas angin terdekat. Tetapi bagaimana jikalau kita adalah teknisi itu sendiri? tentulah kita mesti tahu bagaimana cara memperbaiki kipas angin dan tahu komponen apa saja di dalam kipas dan cara membaca skema atau warna untuk mempermudah kita dalam memperbaiki kipas angin maspion tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini Anggora akan berbagi gambar dan penjelasan warna kabel kipas angin maspion 6 kabel. Untuk gambar dan penjelasan tentang warna kabel maspion selengkapnya bisa kamu lihat pada gambar yang tertera di bawah ini


Arti Warna Kabel Kipas Angin Maspion 6 Kabel

Berdasarkan gambar di atas terdapat bisa kita lihat bahwa kipas angin maspion memiliki 6 buah kabel berwarna. 4 kabel adalah kabel yang terhubung ke tombol speed, tombol power dan juga dinamo, sementara 2 buah kabel lainnya yang dekat atau langsung menuju dinamo adalah kabel kapasitor.

Nah berikut ini penjelasan lengkap mengenai masing-masing kabel maspion sesuai gambar :

  • Kabel Hitam yang dekat dengan kabel berwarna lainnya adalah kabel untuk tombol on/off yang berfungi mengalirkan arus dari sumber listrik menuju ke arah dinamo.

  • Kabel Kuning adalah kabel yang terhubung ke kapasitor. Kabel ini langsung terhubung dari dinamo ke kapasitor listrik.

  • Kabel Merah adalah kabel untuk pengaturan tombol speed nomor 3. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan maksimal putaran kipas angin dan terhubung langsung antara dinamo ke tombol speed no 3.

  • Kabel Putih Putih kabel untuk pengaturan tombol speed nomor 2. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan no 2 putaran kipas angin dan terhubung langsung antara dinamo ke tombol speed no 2. Namun sebagian kipas tidak memiliki kabel ini. Kipas tersebut adalah jenis kipas dengan 2 tombol speed atau kecepatan.

  • Kabel Biru untuk pengaturan tombol speed nomor 1. Kabel ini berfungsi untuk mengatur kecepatan no 1 putaran kipas angin dan terhubung langsung antara dinamo ke tombol speed no 1.

  • Sementara 2 buah kabel hitam yang terhubung dengan dinamo dan agak pendek adalah kabel kapasitor. Kabel ini berfungsi untuk menghantarkan arus untuk di simpan ke dalam kapasitor sementara ketika dinamo membutuhkan tambahan energi listrik maka energi yang tersimpan dalam kapasitor akan di alirkan menuju dinamo.

 

 Mungkin keterangan dan gambar di atas bisa membantu kamu dalam memperbaiki kipas angin maspion milikmu atau milik tetanggamu. Demikian artikel warna kabel kipas angin maspion 6 kabel. Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url