Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Bisa Tengok Kanan Kiri

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Bisa Tengok Kanan Kiri | Apakah kalian sempat alami kipas angin kalian tidak bisa menoleh atau menengok ke arah kanan dan ke arah kiri, ataupun berotasi namun keluar suara yang membuat berisik disaat tidur. Jikalau pernah, kamu tidak mesti takut sebab kipas angin tersebut sesungguhnya masih dapat diperbaiki dengan lumayan gampang.

 

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Bisa Tengok Kanan Kiri

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Bisa Tengok Kanan Kiri

Malahan kamu sendiripun dapat memperbaikinya asalkan kalian berniat mempelajarinya. Kasus kipas angin yang tidak dapat menoleh ataupun menengok kanan- kiri ini umumnya diakibatkan oleh rusaknya bagian gearbox yang terletak di balik dinamo. Jenis Gearbox ini sendiri di bagi menjadi 2 tipe berdasarkan cara kerjanya, yaitu:


1. Gearbox As

Gearbox  as memakai putaran dinamo kipas angin buat tenaga penggerak sehingga bisa memutar kepala kipas angin untuk menoleh kekanan-kekiri. Gearbox jenis ini merupakan jenis yang sangat banyak di pakai oleh pabrik kipas angin .


2. Gearbox Listrik

Gearbox ini memakai motor kecil dan tenaga listrik selaku penggerak motor agar motor bisa menoleh ataupun menengok ke kanan ataupun ke kiri. Gearbox ini sangat jarang di pakai oleh produsen kipas angin untuk kipas angin dengan harga yang terjangkau. Umumnya gearbox ini di gunakan untuk kipas angin khusus ataupun kipas angin berharga mahal.

 

Penyebab Lain Kipas Tak Bisa Tengok Kanan Dan Kiri

Selain kerusakan pada gearbox sesungguhnya masih terdapat pemicu yang lain yang bisa membuat kipas angin tak bisa menengok kanan-kiri. Berikut ini penjelasan mengenai kerusakan yang ada pada bagian gearbox.

 

1. Bagian Leher Yang Patah

Kerusakan ini biasanya terjadi ketika pengguna memutar paksa kepala kipas angin yang sedang menoleh ke kanan atau ke kiri. Atau pengguna menahan putaran kipas di saat kipas sedang menoleh. Inilah yang banyak menjadi penyebab utama kerusakan pada bagian ini. Karena kerusakan pada bagian leher ini menyebabkan hubungan gear menjadi terputus yang menyebabkan kipas menjadi diam dan tak bisa menoleh ke kanan dan kiri lagi.

Jika rusak pada bagian ini kamu cukup mengganti saja bagian itu dengan leher yang baru, biasanya toko sparepart elektronik menyediakan komponen ini.


2. Lepasnya Baut Pada Besi Pendorong

Jika baut ini lepas maka sama saja dengan kerusakan di atas akan menyebabkan kipas angan berhenti bergerak ke kanan dan ke kiri. Untuk memperbaiki kerusakan ini cukup memasang baut kembali atau menggantinya dengan baut baru yang sedikit panjang dan lebar bila lobang telah longgar.

 

3. Patah Ataupun Leleh Pada Dudukan Gearbox

Penyebab lain dari kipas yang berhenti menoleh ke kanan kiri adalah akibat dudukan gearbox leleh ataupun patah. Biasanya hal ini di karenakan kipas angin di biarkan hidup sehari semalam nonstop sehingga menyebabkan kipas mengalami overheat dan melelehkan bagian dudukan gearbox yang pada dasarnya terbuat dari plastik.

Buat membetulkan dudukan yang patah dapat dengan mengelemnya dengan lem super kuat. Tetapi bila yang patahnya parah maka sebaiknya ganti gearbox baru saja. Begitu pula dengan gearbox yang rusak karena meleleh.

 

4. Gear Patah Ataupun Aus

Keausan pada gear juga umum terjadi, gear-gear ini memanglah gampang rusak apabila sering di gunakan. Maklum saja karena gear kipas angin terbuat dari bahan plastik, jika kamu perhatikan pada gearbox terdapat gerigi, maka gerigi inilah yang mudah sekali rusak. Jika gear ini aus akan membuat suara yang berisik kala kipas angin dinyalakan.

Untuk memperbaiki kerusakan jenis ini kamu bisa menggantinya dengan gear yang bagus dari kipas angin yang bekas karena biasanya gear ini tidak di jual di pasaran. Namun jika kamu tak punya bahannya atau pingin yang praktis saja maka kamu dapat mengganti satu set gearbox langsung. Untuk harga sendiri bisa di bilang sangat murah yakni sekitar 11 ribuan sampai 15 ribuan saja.

Jika memang kamu punya bahan bekasnya yang masih bagus dan bisa memperbaikinya maka tiada salahnya kamu memperbaikinya jika di rasa kerusakan tidaklah cukup parah.

Untuk kerusakan pada gearbox listrik juga penanganan kerusakannya juga sama saja dengan gearbox as seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Namun untuk gearbox ini biasanya jarang rusak di karenakan terbuat dengan bahan logam besi. Biasanya kerusakan pada gearbox listrik umumnya terjadi pada bagian motor dinamo.

Untuk harga dinamo ini sendiri hanya sekitar 25 ribuan saja atau paling beda sedikit harganya di kota lain ataupun di kota kamu.

Demikian artikel cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa tengok kanan kiri. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki kerusakan kipas angin kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url