Skema Kapasitor Kipas Angin Dan Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Skema Kapasitor Kipas Angin | Apakah Kamu lagi mencari skema kapasitor kipas angin, bila iya?  Kalian ada di tempat yang benar. Sebab pada postingan kali ini kami hendak memberikan skema metode pasang kapasitor kipas angin.

Skema Kapasitor Kipas Angin Dan Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin


Skema Kapasitor Kipas Angin

Kapasitor ialah komponen kipas angin yang kerap alami kerusakan. Pada saat kapasitor rusak kita wajib melepas kapasitor yang lama serta menukar yang baru atau kapasitor bekas yang masih bagus. Oleh karna itu, pada peluang kali ini saya bakal mengulas tentang skema metode memasang kapasitor kipas angin.

 

Tanda Kerusakan Pada Kapasitor Kipas Angin

Untuk memastikan bahwa kapasitor kipas anginlah yang mengalami kerusakan, bisa di ketahui dengan cara berikut ini :

  • Kipas angin cuma bunyi dengung pada saat dihidupkan.

  • Baling kipas wajib dibantu dengan tangan supaya bisa mutar.

  • Kipas angin tidak dapat hidup sama sekali.

 

Cara Memeriksa Kapasitor Kipas Angin

Bila mesin kipas angin alami tanda- tanda semacam di atas, guna menentukan sumber penyebab rusaknya, periksalah kapasitor kipas angin dengan multitester. Dengan cara di bawah ini :

  1. Setel multitester ke satuan ohm X1K.

  2. Tempelkan kabel multitester pada kedua sisi kaki kapasitor ( bisa bebas bolak balik antar 2 sisi)

  3. Bila jarum multitester bergerak ke kanan serta kembali ke 0 lagi, berarti pertanda kapasitor masih bagus. Namun bila tidak bergerak sama sekali ataupun bergerak ke kanan serta tidak kembali lagi, berarti kapasitor rusak.


Sehabis diukur serta di pastikan bahwa kapasitor kipas anginlah yang rusak, gantilah kapasitor tersebut dengan volt yang sama. Dapat pula mengubah kapasitor dengan volt yang berbeda. Tetapi, hendak berakibat pada mesin kipas angin.

Bila mengubah kapasitor ke volt yang yang lebih besar, putaran kipas akan menjadi lebih kencang tetapi dinamo bisa sangat cepat panas atau rusak. Sebaliknya bila mengubah kapasitor ke volt yang lebih rendah bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas maupun kapasitor.

Jadi lebih baik gunakan kapasitor dengan volt yang sama atau yang lebih tinggi. Untuk hara kapasitor kipas angin sendiri biasanya di pasaran di jual dengan harga 10 ribuan.


Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Untuk mengganti kapasitor kipas angin kita tidaklah memerlukan skema kapasitor kipas angin karena kapasitor kipas angin sendiri bebas di pasang bolak-balik tanpa takut kapasitor akan meledak.

Sebelum mengganti kapasitor, wajib bagi kita menyediakan obeng, pemotong kabel, serta isolatip. Untuk memasangnya kamu bisa ikuti langkah- langkah memasang kapasitor kipas angin di bawah ini :

  1. Buka kesing mesin kipas angin, pakai obeng melepas sekrupnya.

  2. Potong kedua kabel yang tersambung pada kedua kaki kapasitor serta ambil kapasitornya.

  3. Pasang kapasitor baru dengan menghubungkan ke kabel yang sudah dipotong.

  4. Pemasangan kabelnya bebas ( bolak- balik sesuai keinginanmu ).

  5. Bungkus bekas sambungan kabel pakai  isolatip.

  6. Tutup cover mesin kembali serta kencangkan sekrupnya.

  7. Cobalah menghidupkan kipas angin. Bila pemasangannya benar, kipas angin akan kembali hidup dan berputar kencang


Demikian artikel skema kapasitor kipas angin dan cara pasang kapasitor kipas angin. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah ilmu dalam memperbaiki kerusakan pada kipas angin terutama pada kerusakan kapasitor.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url