Ciri Ciri Kapasitor Kipas Angin Rusak

Ciri Ciri Kapasitor Kipas Angin Rusak | Mungkin saat ini kipas angin kamu tengah mengalami kerusakan dan kamu berpikir bahwa kerusakannya adalah pada komponen kapasitor. Sebelum memvonis bahwa kerusakan adalah pada bagian kapasitor maka kamu perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja sih pertanda atau ciri ciri kapasitor kipas angin rusak.

Ciri Ciri Kapasitor Kipas Angin Rusak


Ciri Ciri Kapasitor Kipas Angin Rusak

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kapasitor kamu merupakan kapasitor dengan ciri ciri kapasitor kipas angin rusak.

 

Tanda Bahwa Kapasitor Kipas Angin Rusak

Sebenarnya walaupun kamu tidak membongkar kipas angin milik kamu, kamu bisa mengetahui apakah kipas angin kamu rusak pada bagian komponen kapasitor atau bukan.  Jika kipas angin kamu mengalami beberapa tanda gejala berikut ini maka itu merupakan ciri ciri kapasitor kipas angin telah rusak :

  • Kipas hanya berdengung dan tak mau berputar saat tombol on di tekan.

  • Kipas baru bisa berputar setelah baling-baling kipas di putar dengan tangan.

  • Kipas angin sama sekali tak mau di hidupkan.


Cara Memeriksa Kipas Angin Rusak Apakah Rusak Dengan Multi Tester

Ikutilah tutorial di bawah ini untuk mengetahui apakah kapasitor sudah rusak atau mulai melemah :

  1. Atur multitester ke satuan ukuran  X1K ohm.

  2. Tempelkan kabel-kabel dari multitester kepada kedua kaki kapasitor ( bisa bebas bolak balik antar 2 sisi)

  3. Bila jarum multitester bergerak ke kanan serta kembali ke 0 lagi, berarti pertanda kapasitor masih bagus. Namun bila tidak bergerak sama sekali ataupun bergerak ke kanan serta tidak kembali lagi, berarti kapasitor rusak.

Selain cara di atas kamu juga dapat melihat apakah kapasitor kipas angin rusak dengan melihat bentuk kapasitor kipas angin. Jika  kapasitor kipas angin terlihat kembung atau gosong maka bisa di pastikan bahwa kipas angin telah rusak dan mesti di ganti dengan kapasitor kipas angin yang baru atau kapasitor bekas yang masih bagus.

Setelah yakin bahwa kapasitor kipas anginlah yang rusak maka gantilah dengan kapasitor ukuran yang sama atau volt yang lebih tinggi untuk menghindarkan kapasitor meledak jika di pasang kapasitor dengan ukuran volt yang lebih rendah dari Nilai kapasitor yang seharusnya.


Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Untuk mengganti kapasitor kipas angin kita bisa bebas memasangnya bolak-balik tanpa salah pasang atau takut kapasitor bakal meledak Juga kita tak butuh skema kapasitor kipas angin sama sekali.

Sebelum mengganti kapasitor kipas yang rusak, maka sediakanlah terlebih dahulu alat-alat semacam obeng, gunting kabel, serta isolatip. Silahkan ikuti langkah  di bawah ini untuk memasang kapasitor dengan benar :

  1. Buka dahulu kesing mesin kipas angin, pakai obeng untuk melepas baut atau sekrupnya.

  2. Potong kabel yang tersambung memakai gunting pada kedua kaki kapasitor lalu ambil dan buang kapasitor yang sudah rusak.

  3. Ganti pakai kapasitor baru atau kapasitor bekas dengan menghubungkannya ke kabel yang kita potong tadi.

  4. Pemasangan kabelnya bebas (  terserah mau ke kaki mana saja selama satu kabel di pasang ke satu kabel juga ).

  5. Bungkus sambungan kabel dengan memakai  isolatip agar aman.

  6. Pasang kesing mesin kipas kembali serta kencangkan baut atau sekrupnya.

  7. Cobalah menghidupkan kipas angin. Bila pemasangannya benar, kipas angin akan kembali hidup dan berputar kencang


Harga Kapasitor Kipas Angin

Untuk harga kapasitor kipas angin sendiri biasanya hanya harga 10 ribuan. Harga bisa di bilang sangat murah dan kamu bisa membeli kapasitor di toko elektronik terdekat dari rumahmu atau kau bisa memesannya secara online lewat online shop seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bli Bli dan lainnya.

Demikian artikel ciri-ciri kapasitor kipas angin rusak. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url