Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Yang Benar  | Mungkin saat ini kamu tengah mencari skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel ya, bila iya? Kamu benar-benar berada di tempat yang benar. Nah pada postingan ini saya akan membagikan cara pasang kapasitor kipas angin yang menggunakan 2 kabel dengan benar.
Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel


Skema Kapasitor Kipas Angin

 Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel | Kapasitor merupakan salah satu komponen yang vital bagi kipas angin. Bagaimana tidak, jika kapasitor mengalami kerusakan maka akan membuat kipas menjadi lambat berputar atau hanya hidup mendengung saja. Karenanya saat kapasitor mengalami kerusakan kita mesti mengganti kapasitor tersebut dengan kapasitor yang bagus atau baru.


Tanda Kerusakan Pada Kapasitor Kipas Angin

Biasanya untuk kerusakan kapasitor akan di tandai dengan beberapa tanda ataupun gejala-gejala seperti berikut ini :

  • Kipas angin cuma bunyi berdegung saat tombol on ditekan.

  • Baling kipas wajib dibantu pakai tangan supaya bisa berputar normal.

  • Kipas angin tak mau berputar sama sekali.

 

Cara Memeriksa Kapasitor Kipas Angin

Sebelum mengganti kapasitor ke kapasitor yang baru, penting bagi kita untuk mengecheck terlebih dahulu apakah kapasitor tersebut masih berfungsi ataukah tidak ? Berikut cara untuk memeriksa kondisi kapasitor :

  1. Aturlah multitester ke satuan ohm X 1K.

  2. Tempelkan multitester pada kedua sisi kaki kapasitor

  3. Bila jarum multi bergerak ke kanan serta kembali ke 0 lagi, berarti itu tandanya bahwa kapasitor bagus. Jika tak ada gerakan sama sekali ataupun bergerak ke kanan namun tak kembali ke 0 lagi, berarti kapasitor rusak.


Nah setelah kita yakin bahwa kapasitorlah yang mengalami kerusakan maka langsunglah ganti \kapasitordengan volt yang sama. Bisa juga di ganti dengan kapasitor ukuran volt yang berbeda. Tetapi, pastinya akan berakibat ke mesin kipas angin.

Jika kapasitor di ganti ke ukuran volt  yang lebih tinggi maka putaran kipas akan menjadi lebih kencang tetapi dinamo akan dengan cepat panas atau rusak. Sebaliknya bila kapasitor di ganti ke volt yang lebih kecil maka bisa berdampak kerusakan ke mesin kipas dan kapasitor.

Jadi sangat di sarankan memakai kapasitor bervolt yang sama atau volt yang lebih besar. Untuk harga kapasitor sendiri biasanya di pasaran di jual dengan harga yang murah yakni cuma 10 ribuan.


Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Kita sebenarnya tidaklah memerlukan skema kapasitor kipas angin 3 kabel saat memasang kapasitor. Karena untuk memasang kapasitor, arah pemasangannya bebas dan bisa di pasang terbalik karena kapasitor kipas angin sendiri adalah jenis kapasitor non polar.

Siapkan lah alat alat yang di butuhkan seperti obeng, isolasi anti listrik dan gunting pemotong kemudian ikuti  cara di bawah ini untuk memasang kapasitor kipas :

  1. Buka kesing mesin kipas angin dengan memakai obeng.

  2. Potong kabel yang tersambung pada kaki kapasitor serta buang kapasitornya karena telah rusak.

  3. Pasang kapasitor baru dan hubungkan kembali kabel yang tadi telah di potong.

  4. Pemasangan kabelnya bebas dan boleh terbalik.

  5. Bungkus sambungan kabel memakai isolasi listrik.

  6. Tutup kesing mesin kembali dan pasang sekrupnya.

  7. Kemudian hidupkan kipas. Bila terpasang dengan benar maka kipas angin akan berputar normal kembali.


Demikian artikel skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar. Semoga dengan artikel ini bisa menambah ilmu dan wawasan kita terutama dalam hal perbaikan kerusakan kapasitor.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url