Skema Spul Kipas Angin

Skema Spul Kipas Angin | Dinamo atau istilah lainnya disebut sebagai generator adalah sebuah mesin listrik yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Konsep kerja dinamo sama dengan generator yaitu memutar kumparan di dalam medan magnet atau memutar magnet di dalam kumparan.

Bagian dinamo yang berputar disebut rotor, sedangkan yang tidak bergerak bergerak pada dinamo disebut stator. Pada posisi ini dinamo akan menerima energi dalam bentuk gerak dan mengubahnya menjadi sebuah aliran listrik statis.

Secara sederhana, dinamo terdiri dari lilitan kawat yang diletakan pada bagian dalam kumaparan atau medan magnet, hal ini kita temukan pada pembangkit listrik tenaga air. Di mana aliran air akan ditujukan pada turbin agar membuat gerak rotasi  perulangan.

 

Skema Spul Kipas Angin

Dinamo kipas angin merupakan komponen yang terbilang vital bagi kipas angin. Komponen ini ibarat sebuah mesin pada mobil yang tanpa adanya mesin ini maka sebuah mobil tak akan berjalan ke mana-mana alias diam di tempat. Dinamo adalah sebuah komponen elektronik yang terdiri atas gulungan spul di dalamnya.

Saat listrik masuk ke dalam dinamo maka energi listrik akan di ubah menjadi energi gerak oleh spull dan magnet. Energi gerak inilah yang nantinya akan membuat kipas angin berputar. Di dalam kipas angin sendiri terdapat beberapa gulungan kawat yang saling berdekatan satu sama lain.

Bagi seorang teknisi jika dinamo mengalami kerusakan maka ada 3 opsi yang biasa kami lakukan, yakni metode pertama dengan membeli gulungan dinamo yang sudah jadi di toko elektronik terdekat, yang kedua membeli dinamo baru yang banyak di jual di pasaran dan opsi terakhir yakni dengan cara mencoba menggulung dinamo sendiri dengan menggunakan petunjuk skema yang tersedia di internet.

Untuk mengganti lilitan dinamo kipas angin kita mesti punya skema dan tahu berapa jumlat lilitan pada tiap tiap gulungan kawat dinamo. Jika salah memasang akibatnya adalah :

  1. Dinamo tidak akan berputar sama sekali

  2. Dinamo akan berputar namun akan berputar lambat

  3. Dinamo akan berputar namun akan mengkonsumsi daya yang lebih besar

  4. Dinamo akan berputar normal namun daya tahan dinamo akan sangat sebentar

 

Nah untuk itu perlu kehati-hatian dalam memasang lilitan. Nah pada kesempatan kali ini Anggora akan berbagi skema spul kipas angin. Berikut di bawah ini gambar skema spul kipas angin :

skema spul kipas angin
sumber gambar : scrib.com

Semoga gambar skema di atas bermanfaat bagi teman-teman sekalian dalam memperbaiki kerusakan pada spul kipas angin. Demikian artikel ini skema spul kipas angin. Semoga bermanfaat dan salam cuan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url