Rangkaian Kapasitor Kipas Angin

Rangkaian Kapasitor Kipas Angin | Apakah Kamu lagi mencari rangkaian kapasitor kipas angin, bila iya?  Kalian ada di tempat yang benar. Sebab pada postingan kali ini kami hendak memberikan skema metode pasang kapasitor kipas angin.

Rangkaian Kapasitor Kipas Angin


Rangkaian Kapasitor Kipas Angin

Kapasitor kipas merupakan salah satu komponen yang mungkin bisa di bilang komponen vital, sebab jika komponen ini rusak atau terbakar maka kipas angin akan berputar lambat atau tidak akan berputar sama sekali. Kerusakan pada komponen ini bisa di bilang agak jarang terjadi jika kipas angin di rawat dan tidak terlalu berlebihan.

Untuk memeriksa apakah kerusakan ada pada kapasitor kipas angin maka kita tak perlu membuka kipas angan. Kerusakan komponen kipas angin bisa kita lihat dengan melihat tanda pada kipas angin. Berikut ini beberapa tanda bahwa kerusakan ada pada kapasitor kipas angin

 

Tanda Kerusakan Pada Kapasitor Kipas Angin

Untuk tahu bahwa kerusakan benar-benar terletak pada kapasitor kipas angin maka kamu bisa melihat dan mencocokkan pertanda kerusakan di bawah ini apakah sama dengan kipas angin milikmu.

  • Kipas angin hanya berbunyi dengung dan gak mau berputar saat dihidupkan.

  • Baling kipas mesti di putar dahulu supaya bisa berputar.

  • Kipas angin Gak bisa hidup sama sekali.

 

Cara Memeriksa Kapasitor Kipas Angin

Setelah melihat pertanda di atas maka untuk memastikan bahwa sumber kerusakan benarlah pada kapasitor maka kamu bisa mengukur dengan multi meter atau kamu bisa langsung saja uji coba trial error dengan mengganti kapasitor baru dengan kapasitor baru. Untuk mengukur kapasitor apakah masih dalam kondisi layak pakai ataukah rusak maka kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini :

  1. Setel multitester ke satuan ohm X1K.

  2. Tempelkan kabel multitester pada kedua sisi kaki kapasitor ( bisa bebas bolak balik antar 2 sisi)

  3. Bila jarum multitester bergerak ke kanan serta kembali ke 0 lagi, berarti pertanda kapasitor masih bagus. Namun bila tidak bergerak sama sekali ataupun bergerak ke kanan serta tidak kembali lagi, berarti kapasitor rusak.


Jika setelah di ukur dan ternyata benarlah bahwa kapasitor yang mengalami kerusakan maka kamu bisa mengganti kapasitor dengan yang masih bagus atau menggantinya dengan kapasitor yang baru. Namun pastikan jika kapasitor yang kamu ganti ukuran voltnya dengan yang sama atau yang lebih tinggi.

Hal ini demi menghindari kapasitor meledak atau memberikan dampak kerusakan pada kipas angin. Jika kamu tak begitu paham soal ukuran kapasitor, bertanya atau mintalah pemilik toko elektronik memilihkan jenis kapasitor yang sesuai dengan kapasitor milikmu. Biasanya mereka akan senang hati merekomendasikan kapasitor terbaik untukmu.

Untuk harga kapasitor kipas angin sendiri biasanya di pasaran di jual dengan harga 10 ribuan.


Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Untuk mengganti kapasitor kipas angin kita tidaklah memerlukan skema rangkaian kapasitor kipas angin karena kapasitor kipas angin sendiri bebas di pasang bolak-balik tanpa takut kapasitor akan meledak. Cukup pasang saja di tempat di mana kapasitor kipas angin sebelumnya telah terpasang. Untuk memasangnya kamu bisa ikuti step by step berikut ini :

  1. Buka bagian belakang kepala mesin kipas angin.

  2. Setelah terbuka potonglah kabel-kabel yang tersambung ke kaki kapasitor serta ambil kapasitornya lalu ganti yang baru.

  3. Pasang komponen kapasitor baru ke kabel yang sudah dipotong tadi, samakan seperti saat sebelum di potong.

  4. Kabelnya bebas pemasangannya ( bolak- balik sesuai keinginanmu ).

  5. Bungkus sambungan kabel pake isolasi.

  6. Tutup bagian belakang kepala mesin kembali.

  7. Cobalah menghidupkan kipas angin. Bila pemasangannya benar dan kapasitor yang di ganti adalah kapasitor baru maka kipas angin akan kembali hidup hidup normal.


Demikian artikel rangkaian kapasitor kipas angin. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan bisa membantumu dalam menyelesaikan kerusakan kipas angin yang ada pada kerusakan kapasitor.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url