Cara Menghidupkan Kipas Angin Dengan Aki Motor

Cara Menghidupkan Kipas Angin Dengan Aki Motor | Saat rumah kita sedang mati lampu atau sedang ada pemadaman bergilir tentu saat siang hari suhu udara akan meningkat dan udara ruangan menjadi sangat amat panas. Saat seperti ini tentu kita akan berusaha mencari cara agar bisa mendinginkan tubuh kita. Mulai dari mandi, minum es, membuka baju, ngadem di mall dan lainnya akan kita lakukan untuk mendinginkan tubuh kita.

Cara Menghidupkan Kipas Angin Dengan Aki Motor


Selain cara-cara di atas ada cara lain yang bisa kamu lakukan di dalam rumah untuk mendinginkan tubuh kamu. Caranya hanya dengan memakai kipas angin. Loh kok bisa, bukannya listrik sedang di padamkan pln karena adanya kerusakan, maintenanca ataupun karena memang ada aturan pemadaman listrik bergilir di saat tertentu.

Ya tentu saja bisa karena kita akan memakai cara alternatif menghidupkan kipas angin dengan aki motor. Jika kamu penasaran dengan caranya silahkan simak dengan baik penjelasannya pada artikel kali ini.


Cara Menghidupkan Kipas Angin Dengan Aki Motor

Cara Menghidupkan Kipas Angin Dengan Aki Motor 2


Untuk menghidupkan kipas angin dengan aki motor sebenarnya cukup mudah bila kita tahu caranya. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat saja untuk bisa menghidupkan kipas angin tanpa membutuhkan energi listrik dari pln sama sekali. Untuk alat-alatnya sendiri adalah sebagai berikut :

  • Inverter
  • Cok Sambung
  • Dan Kipas Angin


Cara Menjadikan Aki Sebagai Sumber Energi Listrik AC

Hubungkan inverter ke aki, untuk penjelasan lengkap tentang cara menghubungkannya bisa kamu lihat pada kertas petunjuk yang di sediakan di inverter yang telah kamu beli. Umumnya cara pasangnya adalah seperti ini :

  1. Ambil kabel warna merah dan sambungkan ke terminal inverter, kemudian pasang ke terminal positif baterai.
  2. Ambil kabel warna hitam dan sambungkan ke terminal inverter kemudian pasang ke terminal negatif baterai.
  3. Pasangkan cok sambung pada output inverter dan kemudian colok kipas pada cok sambung.

 

Saat pemasangan cok sambung ke output inverter maka berhati-hatilah karena ini sama saja dengan mencolokkan kabel ke lubang listrik rumah. Karena listrik yang di hasilkan adalah listrik AC yang sama dengan listrik di rumah kita. Jika kamu tak hati-hati maka kamu bisa korslet dan mati. Inilah alasan mengapa kipas angin bisa hidup jika di colokkan ke inverter. 

Setelah mengikuti cara di atas kini kamu bisa ngadem di rumahmu dengan kipas angin yang di hidupkan dengan aki motor.


Berapa Lama Kipas Akan Hidup Dengan Aki Motor ?

Untuk menentukan seberapa lama kipas angin akan hidup dengan menggunakan aki maka kamu dapat mengikuti rumus di bawah ini :

misal aki motor kamu adalah 5 amper dan ukuran 12 volt. Sementara kipas angin membutuhkan daya sebesar 50 watt maka :


5 ah * 12 volt = 60 watt = 1,2 jam


maka kipas angin kamu akan mampu hidup selama 1 jam 15 menitan dengan memakai aki 5 amper dan tengangan 12 volt.

 

Apakah Semua Inverter Sama ?

Tidak, karena tiap inverter mempunyai ukuran outputnya masing-masing. Ada yang 75, 150 sampai 3000 Watt. Ukuran output inverter adalah Watt.


Berapa Harga Inverter ?

Untuk harga inverter sendiri bervariasi. Mulai yang termurah harga 250 ribuan hingga yang termahal sampai jutaan.


Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara menghidupkan kipas angin dengan aki motor, semoga bermanfaat.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url