Penemu Kipas Angin Dan Manfaatnya

Penemu Kipas Angin Dan Manfaatnya | Seperti yang kita ketahui, kipas angin merupakan alat rumah tangga yang banyak di pakai masyarakat mulai dari kalangan menengah hingga  menengah ke bawah. Kipas angin merupakan alat pendingin udara yang bisa di bilang harganya lumayan terjangkau dan pemakaian listriknya pun lebih hemat jika di bandingkan dengan memakai air conditioner ( AC ).

Penemu Kipas Angin Dan Manfaatnya


Tak hanya itu alat ini juga mampu mendinginkan udara di kala suhu udara kita terasa amat panas. Jika kita perhatikan lebih detail sebenarnya kipas angin yang umumnya di jual di pasaran memiliki komponen elektronik yang sederhana. Yakni motor, kapasitor, sekring, kabel dan mekanisme tombol. Umumnya di indonesia kipas angin di jual mulai dari harga 100 ribuan hingga di atas 500 ribuan.

Sebelum menjadi kipas angin listrik seperti di zaman kita ini tahukah kamu siapa penemu kipas angin dan bagaimana sejarah awal di temukannya kipasangin. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah kipas angin, siapa penemu kipas angin dan manfaatnya. Tanpa basa basi mari kita langsung saja ke pembahasan kita.


Sejarah Dan Penemu Kipas Angin

Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia bahwa beribu tahun silam kipas angin sebenarnya sudah di kenal di beberapa negara di dunia, yakni negara Mesir, Yunani, Roma, dan China. Pada masa itu kipas angin memiliki berbagai bentuk dan manfaat yang berbeda-beda.  Untuk kipas angin yang pertama kali di temukan arkeolog adalah kipas angin yang berada di makam raja di Mesir yaitu Raja Tutankhamen pada tahun 1922. Kipas ini adalah kipas berumur 4000 tahu.

Kipas angin ini pada masa raja tutankhamen digunakan sebagai alat upacara keagamaan, saat itu kipas merupakan salah satu benda suci di zaman tersebut. Tak hanya itu kipas juga melambangkan kekuatan raja. Di makam raja totenkhameen di temukan 2 buah kipas, satu kipas gagangnya berlapis emas dan berbahan bulu unta, sementara kipas satunya berlapis eboni dengan emas dan batu-batu berharga.

Tak hanya di mesir kipas angin juga terdapat di eropa, Italia merupakan negara pertama yang memproduksi kipas di tahun 1500. Pada masa itu kipas angin merupakan barang perdagangan eksotik dan stylish dan anggap sebagai simbol kemakmuran dan kelas sosial seseorang. Tak berhenti di sana, kipas angin juga juga populer pada abad ke-16 sampai abad ke-18 sebagai bagian dari fashion.

Pada awal abad ke 20 kipas angin sudah tak lagi sebagai sebuah aksesoris fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di Spanyol sendiri, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena Spanyol memiliki iklim yang panas. Penemu kipas angin pertama adalah Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin listrik dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apapun dan digerakkan dengan tenaga motor listrik.

Perkembangan kipas angin listrik selanjutnya dikembangkan Philip H. Diehl yang mematenkan produk kipasnya di tahun 1887. Diehl mengembangkan dan menjual kipas angin gantung yang bisa di tempel di langit-langit rumah. Lalu di tahun 1904 Diehl menambahkan sendi split-ball pada kipas angin listriknya. 3 tahun selanjutnya ide Diehl di gunakan sebagai dasar dari kipas angin yang mampu bergerak ke kanan dan kiri. Pada tahun 1902 Willis Carrier menemukan air conditioning.

 

Manfaat Kipas Angin

Berikut ini beberapa manfaat kipas angin menurut saya sendiri :

 

1. Dapat Meningkatkan Sirkulasi Udara

Manfaat penggunaan kipas angin yang pertama yakni mampu meningkatkan sirkulasi udara dalan sebuah ruangan. Kipas angin dapat membantu mendorong keluar udara kotor dalam sebuah ruangan dan menarik udara segar masuk  ke ruangan. Hal ini kan membuat kita nyaman dan juga menyejukkan udara dalam ruangan tersebut.


2. Menghasilkan Udara Yang Sehat

Jika di bandingkan dengan menggunakan AC maka penggunaan kipas bisa di bilang jauh lebih menyeharkan. Saat memakai AC, ruangan kita haruslah tertutup dan tak ada ventilasi udara sama sekali. Namun jika kita memakai kipas angin ruangan tak harus tertutup dan bebas terbuka hal ini akan menyebabkan pergantian udara semakin sering. Udara akan semakin bersih, sehat dan juga menyehatkan.

 

3. Bisa Lebih Hemat

Kipas angin gantung yang di pasang di dinding ruangan hanya memakan arus sekitar 70 watt saja, hal ini bisa di bilang jauh lebih hemat di banding jika kita menggunakan AC. Daya yang bisa serap AC mungkin lebih besar 10 kali lipat dari pada jikalau kita menggunakan kipas.

 

4. Menghindarkan Bau Pengap Pada Ruangan

Saat memakai kipas dalam ruangan dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar dari pada tidak menggunakan kipas angin sama sekali. Karena hal ini ruangan menjadi tidak pengap dan bau karena pergantian udara yang lancar dan cepat.

Kamu bisa membandingkan sendiri ruangan dengan kias angin dengan ruangan tanpa kipas angin sama sekali. Perbedaan akan kedua ruangan tersebut akan sangat jelas kita rasakan.

 

5. Bisa Di Gunakan Sebagai Pengering Pakaian

Cara ini umum di lakukan keluarga saya ketika musim penghujan, di mana pada saat musim ini kita sulit mendapatkan panas matahari. Cukup gantingkan pakaian di depan kipas angin, setel kipas agar tidak menoleh kanan dan kiri dan atur ke kecepatan maksimal. Kipasi pakaian sampai pakaian kamu rasa telah kering.

Catatan : setiap 6 jam sekali pastikan kipas di matikan. Ini bertujuan mendinginkan dinamo kipas dan mencegah kipas dan gearboxnya mengalami kerusakan.


Kesimpulan

Kipas angin merupakan alat yang sudah ada sejak jaman mesir kuno. Kipas dari tahun ke tahun beralih fungsi, mulai dari alat suci dan simbol kebesaran raja, kemudian barang perdagangan yang menunjukan simbol kekayaan dan jabat seseorang lalu menjadi alat fashion. Hingga di jaman ini kipas angin beralih fungsi kembali menjadi sekedar penyejuk dan pendingin ruangan.

Kipas angin listrik sendiri penemu kipas ini adalah Schuyler Skaats Wheeler yang kemudian di kembangkan oleh Philip H. Diehl. Berapa manfaat kipas angin adalah :

  • Dapat Meningkatkan Sirkulasi Udara

  • Menghasilkan Udara Yang Sehat

  • Bisa Lebih Hemat

  • Menghindarkan Bau Pengap Pada Ruangan

  • Bisa Di Gunakan Sebagai Pengering Pakaian


Demikian artikel penemu kipas angin dan manfaatnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url