Cara memperbaiki Kipas Angin Mini Portable Manual

Cara memperbaiki Kipas Angin Mini Portable Manual | Kipas angin mini portable manual merupakan jenis kipas angin yang banyak di pakai oleh ibu-ibu dan gadis remaja. Kipas angin ini populer di karenakan harganya yang ramah kantong dan lumayan bisa mendinginkan tubuh di kala panas matahari menyerang. Kipas angin mini portable juga di sukai karena ukurannya yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana.

Cara memperbaiki Kipas Angin Mini Portable Manual


Mungkin banyak di antara kita yang menggunakan kipas angin mini portabel manual untuk kebutuhan seperti pendinginan atau penyejukan ketika di luar rumah, di toko, di sekolah ataupun ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Lantas bagaimanakah jika kipas angin mini milik kita rusak ?. Simak jawabannya di artikel saya kali ini.


Cara memperbaiki Kipas Angin Mini Portable Manual

Untuk memperbaiki kipas angin mini portable secara manual sebenarnya sulit-sulit gampang. Untuk cara perbaikan awal mungkin bisa di lakukan bagi orang yang tidak memiliki ilmu elektronik namun untuk kerusakan lebih mendalam mungkin kamu perlu membawa ke tempat yang lebih ahli atau mungkin membeli yang baru.


Langkah Memperbaiki Kipas Angin Mini Portable

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kipas angin mini portabel secara manual :


1. Ganti  Kabel Charger Kipas Angin Mini Portabel

Untuk langkah pertama dalam memperbaiki kipas angin mini portable yakni dengan mengganti kabel charger kipas angin. Karena kebanyakan dari kerusakan kipas angin mini yakni pada kabel chargingnya yang berakibat baterai tidak terisi saat di lakukan pengisian.


2. Ganti Baterai Kipas Angin Mini Portabel

Langkah selanjutnya yakni mengganti baterai kipas angin mini portable. Baterai pada kipas angin mini ini seringkali rusak akibat terlalu lama di cas atau saat indikator lampu baterai penuh maka kita tidak melepas kabel cas-annya dan membiarkan ia tetap mengisi. Nah untuk memperbaikinya kamu hanya perlu membongkar kipas angin mini dan mengganti baterainya dengan baterai yang baru.

Biasanya kipas angin mini portabel kebanyakan menggunakan baterai lithium 4 volt. Jika di dalam kipas angin mini portabel terdapat dua baterai maka kamu perlu mengganti semua baterainya, jika hanya memiliki satu baterai maka kamu hanya perlu mengganti baterai yang satu itu saja. Baterai pada kipas angin mini biasanya di hubungkan dengan kabel saja.

Karenanya untuk kerusakan ini minimal kamu harus tahu cara menyambung kabel dan kutub positif dan negatif baterainya.


3. Ganti Dinamo Kipas Angin Mini Portabel

Kerusakan pada dinamo kipas angin adalah hal yang umum di dunia perkipas anginan. Untuk kapasitor mini mungkin sulit bagi kita untuk sekedar menganti gulungan dinamonya saja atau mengganti dinamo dengan yang baru. Karena jenis dinamo kipas angin mini terlalu kecil dan dinamonya sendiri jarang di jual di pasaran.

Karenanya jika ingin mengganti dinamo kipas angin ini minimal kamu harus punya kipas angin mini bekas atau yang rusak tetapi komponen dinamonya masih bagus. Agar kamu bisa memindahkan dinamo bekas yang masih bagus ke kipas angin mini portablemu yang rusak pada bagian dinamonya.

 

4. Rusak Pada Bagian Modul

Untuk kerusakan kali ini mungkin di butuhkan kemampuan teknisi menengah ke atas untuk memperbaikinya. Kita harus jeli memeriksa satu persatu komponen modul, apakah ada yang komponen yang terbakar, kembung, panas, ataupun short. Kerusakan umum pada modul biasanya ada di IC konverter ac ke dc, ic kipas, fuse ataupun kapasitor.


Mungkin itu saja cara perbaikan kipas angin mini portabel dan cara memperbaiki kipas angin portabel manual yang bisa saya bagikan. Demikian artikel ini semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url