Skema Kipas Angin Miyako

Skema Kipas Angin Miyako | Kipas angin miyako merupakan jenis merk kipas yang banyak di jual di toko-toko elektronik. Selain murah kipas angin ini juga tergolong awet dan memiliki kualitas yang bisa di bilang cukup bangus. Untuk jenis kipas angin miyako sendiri ada berbagai pilihan, mulai dari kipas meja, kipas kamar, kipas gantung murah sampai kipas gantung yang berharga mahal.

Selain kipas angin sebenarnya miyako juga merambah ke alat elektronik lainnya seperti kulkas, blender, mixer dan sebagainya. Pada kali ini kita akan membahas mengenai kipas angin miyako jenis kipas angin gantung. Untuk kipas angin ini sendiri jenis kerusakannya sama saja dengan kipas angin biasa.

Kerusakannya hanya meliputi seputar kapasitor, dinamo, kabel, sekring. Yang berbeda hanyalah ada sedikit tambahan pada jenis kerusakan tipe kipas angin gantung yakni kerusakan pada modul kipas angin gantung. Umumnya kerusakan modul hanya berpusat pada ic kipas, fuse dan resistor. Untuk kerusakan pada fuse dan resistor mungkin akan jarang kita temukan namun tetap saja kedua komponen ini memiliki resiko akan terjadinya kerusakan.


Skema Kipas Angin Miyako

Skema Kipas Angin Miyako

 

Untuk skema yang akan saya bagikan kali ini ialah skema kipas angin miyako Tejari 101. Kipas angin miyako jenis ini punya 2 dua buah dinamo listrik yakni 1 dinamo listrik utama berfungsi memutar kipas dan 1 motor listrik lainnya berfungsi sebagai penggerak arah kipas angin untuk bergerak ke kiri atau ke kanan. Untuk dinamo listrik yang berfungsi sebagai penggerak kipas memiliki bentuk yang lebih kecil di karenakan fungsinya yang hanya untuk menggerakkan arah kipas ke kanan atau ke kiri.


Gambar Skema Kipas Angin Miyako

Dalam pengoperasian kipas ini sendiri membutuhkan remot untuk penggunaannya. IC yang di gunakan dalam kipas angin miyako ini merupakan jenis ic SC8206 serta triac untuk mengatur pergerakan dinamo listriknya. Karena itu jika IC dan triac mengalami kerusakan maka kipas angin ini tidak akan berfungsi secara normal dan remote kipas angin pun tak akan bisa di gunakan sama sekali,

 

Teknologi Kipas Angin Remote Miyako

Dari gambar skema di atas kita bisa menyimpulkan bahwa rangkain pada modul kipas angin remote merk miyako ini terbagi atas 3 bagian jalur, yang masing-masing mengarah pada PS, Triac dan IC. Agar kipas angin bekerja dengan normal maka arus output dari bagian power supply harus sesuai serta stabil dan nilai voltase tidak boleh di bawah ukuran voltase yang seharusnya. 

 

Mengatasi Kerusakan Pada Kipas Angin Miyako

Untuk mengatasi kerusakan pada kipas angin ini kita perlu memeriksa komponen dan juga nilai komponen serta mengukur nilai arus. Karenanya dalam hal ini kita memerlukan skema dan multitester dan juga kemampuan teknisi. 

Jika kamu adalah seorang teknisi pemula dan tak ingin pusing memeriksa komponen satu persatu maka cara termudah yang bisa kamu lakukan yakni membeli satu set modul baru di toko elektronik terdekat. Biasanya di toko elektronik tersedia modul kipas angin remote yang siap pasang. Jika kamu beruntung kamu akan menemukan modul yang sama, jika tidak terpaksa kamu memakai modul kipas angin miyako jenis modul universal.

 

Kesimpulan

Memperbaiki kipas angin miyako terutama jenis kipas angin gantung yang menggunakan ic memanglah tak semudah memperbaiki kipas angin biasa. Untuk memperbaikinya kita membutuhkan skema, alat dan kemampuan teknis. Namun jika kamu tak mau repot maka kamu bisa langsung membeli satu set modul siap pasang yang banyak di jual di toko-toko elektronik terdekat. Namun kamu mesti mengeluarkan modal ekstra.

Mungkin sampai di sini saja artikel mengenai skema kipas angin mitako. Semoga artikel ini memberi .manfaat bagi pembaca sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url