Skema Saklar Kipas Angin Gantung

Kipas angin gantung merupakan salah satu jenis kipas angin yang sering di pakai masyarakat indonesia. Umumnya kipas angin ini sering di pasang di kamar, toko sembako, tukang pangkas rambut, warung kopi ataupun warnet dan tempat-tempat lainnya. Mungkin di antara kamu ada yang memiliki kipas angin gantung atau sedang menerima servisan kipas angin gantung.

Kerusakan pada kipas angin ini umumnya sama seperti pada kipas angin lainnya yakni pada komponen kapasitor, dinamo, sekring, kerusakan kabel dan kerusakan pada tombol saklar kipas angin. Untuk kerusakan pada kapasitor terkadang harus membongkar dinamo karena pada kipas angin buatan china biasanya kapasitor tersambung langsung dengan kipas angin.


Skema Saklar Kipas Angin Gantung

Saklar kipas angin berfungsi sebagai pengatur kecepatan pada kipas angin. Ada 3 jenis saklar kipas angin berdasarkan cara kerja dan komponen yang digunakan yakni :

  1. Saklar kipas angin gantung memakai trafo atau kumparan
  2. Saklar kipas angin gantung memakai kapasitor
  3. Saklar kipas angin gantung memakai modul atau rangkaian elektro


Perbedaan diantara ketiga saklar tersebut sangatlah jelas jika dilihat walau sekilas saja. Untuk saklar kipas angin gantung trafo biasanya selektor speednya terdiri dari 5 atau lebih pilihan. Untuk saklar kipas angin gantung kapasitor hanya punya 3 pilihan selektor kecepatan sementara saklar dengan modul elektronik tidak memiliki pilihan kecepatan sama sekali.

Untuk Saklar trafo dan rangkaian elektro pemasangannya jauh lebih mudah dibanding saklar kipas kapasitor. Cukup memasang 2 kabel pada baut yang jumlahnya juga hanya 2. Nah untuk kerusakan pada tombol saklar kipas angin gantung biasanya jarang terjadi. Namun kerusakan saklar tetap saja bisa terjadi. Kerusakan biasanya ada bagian kabel, dan kapasitor pada modul saklar kipas dengan memakai kapasitor kipas angin.

Biasanya skema saklar akan tersedia bersamaan dengan pembelian saklar kipas angin gantung namun bagaimana jika tidak ada skema ? maka minimal kita harus mempunyai skema saklar dengan prinsip kerja yang sama sehingga kita bisa tahu cara kerja saklar tersebut dan mengetahui dimana titik penyebab permasalahannya.

Berikut ini beberapa skema saklar kipas angin gantung yang kami dapat dari sumber terpercaya.

skema saklar kipas angin gantung lama.jpg
sumber : stackexchange.com

 

skema saklar kipas angin gantung
sumber : stackexchange.com


Skema Saklar Kipas Angin Gantung Trafo
sumber : jasalistrik.com

 

Demikian artikel  skema saklar kipas angin gantung. Semoga bermanfaat

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url